Rabu, 20 Juni 2012

inilah Grand desain Bandara Soekarno - Hatta Nantinya..!


Desain bandara soetta

PT Angkasa Pura II berencana segera memulai program pengembangan Bandara Soekarno Hatta sesuai grand desain. Untuk tahap awal, perseroan akan mulai dengan melakukan pembangunan tempat parkir pesawat atau apron di terminal 3 Bandara Soetta.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengungkapkan, ground breaking pembangunan apron akan dilakukan pada pertengahan Juli 2012. Anggaran yang dibutuhkan cukup besar. “Untuk dananya akan memerlukan sekitar Rp 800 miliar,” ungkap Tri ketika ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Selasa (19/6).
Pembangunan apron di Terminal 3 merupakan tahap 1 pengembangan bandara Soekarno Hatta. Dengan pengembangan ini terminal 3 diharapkan mampu menampung penumpang hingga 25 juta penumpang per tahun.
“Saat ini baru bisa menampung 4 juta penumpang per tahunnya, nanti akan tambah 21 juta penumpang per tahun. Jadi sekitar 25 juta penumpang di terminal 3 per tahunnya akan ditampung,” jelasnya.
Dari sisi pendanaan, lanjut Tri, rencananya akan diperoleh dari perbankan BUMN dengan sistem kredit sindikasi atau patungan. Namun dia masih enggan mengungkap lebih detail mengenai bentuk kredit atau obligasi, serta besaran bunga atau kredit. “Dana nya dari uang kita dan juga perbankan, dari BNI, Mandiri, sama BRI semacam kredit sindikasi,” tegasnya.
Kondisi bandara banyak dikeluhkan penumpang pesawat. Sebagai salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Soetta dinilai sudah tidak laik dari sisi kapasitas penampungan calon penumpang. Anggota Komisi V DPR Yudi Widiana pernah mengatakan bahwa kondisi Bandara Soetta sebagai bandara internasional sudah sangat memprihatinkan.
Terlebih, Bandara Soetta saat ini menempati peringkat 11 bandara tersibuk di dunia dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 51,5 juta pergerakan. Jika dibandingkan dengan pergerakan pada tahun 2010 yang mencapai 43,6 juta, terjadi pertumbuhan sebesar 19 persen pada 2011.
Jika Indonesia ingin memberi kesan baik bagi masyarakat internasional maupun domestik, pemeliharaan dan perluasan bandara mutlak diperlukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar