Rabu, 08 Agustus 2012

Kebanyakan minum es teh Anda bisa kena batu ginjal


Meski es teh terbukti mampu mencegah gigi berlubang, namun terlalu banyak mengonsumsi minuman ini bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Ini dikarenakan tingginya kadar oksalat yang ada pada es teh. Oksalat adalah salah satu bahan kimia yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal.
Batu ginjal, butiran kristal yang terbuat dari mineral dan garam, sebenarnya bisa dikeluarkan secara alami melalui ureter dan urin. Namun jika batu ginjal berkembang menjadi terlalu besar, ini akan menyumbat saluran kecil yang menghubungkan ureter dan ginjal.
Salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal adalah dehidrasi, serta musim panas yang diikuti konsumsi es teh secara berlebihan.
"Orang-orang mengetahui bahwa saat
musim panas mereka harus minum lebih banyak," kata Dr John Milner.
"Akhirnya banyak yang menjatuhkan pilihan pada es teh karena rendah kalori dan mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada air biasa. Namun, untuk urusan kesehatan ginjal, ini bisa jadi keputusan yang buruk," tambahnya, seperti dilansir oleh NY Daily News (07/08).
Selain es teh, beberapa makanan yang mengandung oksalat dalam kadar yang tinggi adalah bayam, cokelat, rhubarb, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini juga harus diwaspadai agar risiko terkena batu ginjal tak semakin besar.
Saat cuaca sedang sangat panas, lebih baik minum es lemon atau air mineral. Es lemon yang kaya sitrat diketahui mampu menghambat pertumbuhan batu ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar