Rabu, 08 Agustus 2012

YouTube dikeluarkan dari iOS 6 milik Apple

Mungkin banyak pengguna iPhone atau iPad yang mengakses YouTube melalui perangkat mereka. Namun, terdapat kabar baru yang mengatakan bahwa semua perangkat yang menggunakan operating system iOS 6 tidak dapat lagi menikmati layanan produk Google ini.

"Lisensi kita untuk memasukkan YouTube sebagai salah satu aplikasi di iOS telah berakhir. Untuk menikmati layanan produk Google ini, pengguna perangkat kami dapat menggunakan browserSafari atau menggunakan aplikasi
YouTube baru yang telah diunggah Google ke Apple App Store," jelas pihak Apple kepada The Australian (07/08).

Terdapat satu rumor lain yang mengatakan bahwa Apple sengaja membuang YouTube dari daftar aplikasi resmi di iOS karena Google ingin mempunyai kontrol penuh atas pengembangan dan cara mempresentasikan aplikasi tersebut di perangkat Apple, namun perusahaan berlogo buah apel ini tidak menyanggupinya.

Namun terdapat sebuah analisis dari seorang analis BTIG bernama Rich Greenfield. Dia mengatakan bahwa pada saat pertama kali YouTube masuk dalam daftar aplikasi resmi di iOS, Apple mempersilakan Google melakukan apa saja dengan catatan tidak memasukkan iklan di aplikasi mereka. 

"Sampai saat ini Google telah berinvestasi secara besar-besaran untuk membuat kualitas program di platform YouTube ini sebagus mungkin. Untuk mendapatkan keuntungan, tentu tidak mungkin Google tidak menyertakan iklan di produk mereka tersebut," ungkap Greenfield seperti yang dikutip Dead Line (07/08).

Walaupun masih dapat menikmati layanan YouTube dengan cara yang berbeda, namun pengguna perangkat berbasis iOS 6 harus melakukan penginstalan dan pengaturan beberapa hal yang tentunya merepotkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar