Selasa, 31 Juli 2012

Telkomsel akan saingi Blackberry Messenger (BBM)

Mungkin sampai saat ini, BlackBerry Messenger (BBM) menjadi salah satu 'mainan' paling digemari di Indonesia. Namun, sepertinya hal tersebut tidak akan bertahan lama karena Telkomsel telah merilis produk Unlimited Opera Mini, WhatsApp, LINE dan KakaoTalk.

Apabila pengguna BlackBerry dapat saling berkirim-kiriman pesan singkat layaknya SMS atau chatting saja, maka produk baru Telkomsel ini dapat melakukan lebih dari itu. Untuk menyaingi BBM,
pengguna layanan Telkomsel dapat menggunakan WhatsApp, LINE dan KakaoTalk, sedangkan untuk terkoneksi dengan internet, dalam paket tersebut telah mengikutsertakan Unlimited Opera Mini. Berbagai fungsi dalam satu paket.

Mungkin banyak pengguna handset khususnya yang menggunakan perangkat Android mengenal aplikasi bernama WhatsApp yang memiliki kemampuan seperti BBM, namun dengan tambahan LINE dan KakaoTalk, maka aktivitas chatting dengan teman atau kerabat akan semakin menarik. Uniknya, walaupun telkomsel juga mempunyai produk yang masih memiliki hubungan dengan layanan BBM bernama paket BIS, namun dari sisi harga, produk terbarunya ini lebih murah.

Contohnya saja paket BlackBerry Lifestyle atau paket yang berfungsi untuk menikmati layanan chatting dan mengakses situs jejaring sosial dengan harga paling murah. Dibandingkan dengan produk baru telkomsel ini, BlackBerry Lifestyle berbeda Rp 5000 rupiah untuk paket satu bulan pemakaian. Sisi minus BlackBerry Lifestyle lain adalah tidak terdapatnya akses untuk internet browsing dan push email.

Namun di sisi lain, apabila pengguna BlackBerry juga turut menggunakan produk baru dari Telkomsel ini, maka selain mempunyai fasilitas BBM di perangkatnya, untuk terhubung dengan perangkat lain seperti Android tidak jadi masalah lagi.

Seperti yang tertulis di The Next Web, jika melihat dari sisi bisnis, apakah perilisan produk terbarunya ini, Telkomsel mempunyai rencana untuk mengakhiri ketergantungan masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah pengguna perangkat besutan Research in Motion (RIM) ini dengan selalu memakai layanan BBM dalam aktivitas sehari-harinya? Bagaimana menurut Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar